News Update :

7 Jurus Jitu Sukes Bisnis Online

Jumat, 08 Juni 2012

Pemasaran berbasis online semakin marak dengan kehadiran banyak situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Online marketing bisa lebih efisien bagi penjual maupun pembeli, karena seller dan buyer bisa langsung bertemu. Bila dikelola dengan baik akan bisa meningkatkan bisnis pelaku usaha. Demikian dikatakan Dosen Departemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga Surabaya, Gancar Premananto.
Menurut Gancar, pemasaran berbasis internet bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha berskala mikro dan kecil. Selain lewat blog/situs, pemasaran lewat media sosial juga bisa dioptimalkan. Dengan cara yang relatif sederhana, murah, bahkan gratis, tentu UMKM bisa memanfaatkannya dengan mudah untuk memasarkan produk maupun jasanya.
Selain di jejaring sosial, cara pemasaran yang bisa digunakan adalah dengan mengakses situs-situs yang memfasilitasi penjualan produk dan jasa, seperti tokobagus.com, rumah123.com, mobil123.com, dan sebagainya.
Agar online marketing bisa sukses, Gancar memberikan sejumlah tips. Pertama, cara pemasaran yang digunakan harus mudah dipahami oleh semua kalangan, terutama karena belum semua orang paham teknologi. Misalnya, cara pembelian dibuat ringkas dan mudah. Jika memakai website atau blog, bagian-bagian yang ada di website/blog itu harus dibikin sesimpel mungkin.
Kedua, mengutamakan kualitas produk. Gancar menggarisbawahi, bantalan dari pemasaran berbasis online tetap pada produk. Sebagus apapun konsep pemasaran online, tanpa ditunjang kualitas produk, tentu akan sia-sia. Bisa saja produk terjual, namun dalam jangka panjang tren penjualan pasti menurun karena konsumen merasa tidak puas.
Ketiga, merespons secara cepat pemesanan pembelian yang dilakukan oleh buyer. Quick response ini sangat bergantung pada ketersediaan barang yang dimiliki oleh seller. Jangan sampai ketika pembeli sudah mengirimkan uang pembelian, ternyata stok barang habis.
Keempat, pemasaran online mengharuskan adanya sistem pembayaran yang mudah, karena pembeli tak bisa bertatap muka dengan penjual. Maka pelaku usaha harus mempunyai nomor rekening bank. Selain itu, bisa pula menggunakan fasilitas pembayaran seperti Pay Pal jika skala usahanya sudah besar.
Kelima, Gancar menyarankan agar UMKM yang menempuh cara pemasaran online untuk tidak lupa merawat dan menjaga loyalitas pelanggan. Selain bisa menggunakan sistem member, upayakan mengirim ucapan selamat kepada pelanggan saat hari-hari spesial, seperti Lebaran atau ulang tahun.
Keenam, memperhatikan tren yang disukai oleh pasar atau buyer. Di facebook, seller bisa melihat tren barang yang disukai oleh calon buyer-nya. Misalnya, jika jualan jilbab, bisa diamati foto-foto calon pembelinya, suka pakai jilbab model seperti apa. Baru kemudian bisa ditawarkan jilbab-jilbab yang akan dijual.
Ketujuh, perlu juga dipikirkan agar membuat brosur atau newsletter sederhana tentang produk-produk terbaru yang dipasarkan melalui blog atau website. Brosur itu dikirim secara rutin ke e-mail pelanggan. (*)
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright DARMONEWS.COM 2011 -2012 | Design by Darmo News | Published by Darmo News | Powered by Darmo News.